Senin, 11 Februari 2013

Generasi Penerus N-250 (Gatotkaca)

Siapa yang tidak kenal N-250 (Gatotkaca), sebuah pesawat kebanggaan bangsa Indonesia yang dibuat dan dirancang sepenuhnya oleh IPTN (sekarang PT.Dirgantara Indonesia). Pesawat ini diperkenalkan pada tahun 1995 dan dipamerkan pada 1996 di Indonesian Air Show. Kehadiran pesawat ini cukup membanggakan dan menjadi pusat perhatian pada saat itu, namun dengan adanya hantaman krisis ekonomi, pesawat N-250 rancangan Habibie gagal diproduksi.Cukup disayangkan Indonesia pada saat itu mampu menunjukkan kemajuan teknologi dalam bidang kedirgantaraan pupus karena terjangan krisis ekonomi. Namun harapan itu tidak serta merta hilang karena saat ini B.J Habibie akan melanjutkan program pembuatan pesawat N-250 dengan teknologi yang lebih maju tentunya. 

Pesawat N-250 terdahulu menggunakan mesin turbo-prop (turbin jet dengan baling-baling) nantinya mengalami perubahan dengan mengusung mesin High By-Pass Ratio Turbofan (Sama dengan pesawat Boeing dan pesawat komersial lainnya).  Generasi penerus dari N-250 ini direncanakan akan selesai dirakit hingga tahun 2018 dengan spesifikasi lebih canggih dari generasi terdahulu. 

Semoga penerus N-250 ini tidak memiliki nasib yang sama dengan masa lalunya, jika pesawat ini selesai dirakit dan diprduksi maka akan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu dan dapat bersaing dengan negara-negara maju produsen pesawat saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar